Label

Senin, 07 Februari 2011

cerita tentang bokap...

ud lama juga gak cerita panjang lebar..."selebar daon kelor..."
malam ini gw cuma pengen cerita tentang kedua orang tua gw...
kangen mereka..kangen celoteh bokap alias ceramahnya...kangen juga omelan nyokap.
inget waktu kecil waktu masih sering disuruh-suruh sama nyokap...yang disuruh beli bawang lahh...beli kelapa lahh...ud gt cm setengah duank lagi...malah keseringannya cm beli seperempat...ckckckck.
tapi itulah nyokap gw...pasti ngamuk2 klo barang2 dapurnya gak diturutin.
klo bokap pasti ceramah dehh klo malem gw kebanyakan maen trus lupa sama yang namanya belajar...malah bokap pernah bawa2 kayu sambil nyari gw di lapangan...(padalan kan besok tuhh hari minggu...hiks)
tapi semua itu pas jamannya gw masih SD alias Sekolah neng Deso.

yang pengen gw ceritain malem ini adalah tentang pengorbanan mereka ke anak2nya, khususnya buat bokap gw, sampe anak2nya bisa gede kayak sekarang...ehhh pas ud gede, anaknya pada blagu semua lagi alias senga' kayak gw...ckkckck

loe tw gak...waktu pertamakali gw masuk SD tuhh bokap gw yang nganterin...
dan loe semua pada tw gak...hari pertama gw masuk SD tuhh gw nangis...kejer pula...ckckkck
cuma gara2 disuruh nulis huruf...tapi gw belom selesai sedangkan temen2 yang laen ud pada selesai semua...akhirnya gw nangis kejer sekejer2nya...dan yang paling parah, bokap cm bisa ngeliat gw dari balik jendela kelas...karena orang tua dilarang masuk ke ruangan kelas...hiks
pokoknya klo gw daftar sekolah baik SD, SMP, SMA maupun kuliah, bokap yang selalu nemenin gw....bokap is the best dahh...
terus ad hal yang paling menyentuh batin gw sampe sekarang tentang bokap...
waktu itu gw sama bokap pergi kedaerah pondok betung buat daftar ulang kuliahan...waktu itu gw keterima kuliah di daerah sana. Dan setelah urusan tetek bengek di kampus baru gw itu ud selesai, kita berdua mampir ke warteg buat makan siang di depan jalan raya deket pintu masuk komplek tempat kuliahan. Pokoknya wartegnya itu deket sama tukang2 becak di gerbang pintu masuk komplek. Saat kita berdua masuk, gw disuruh bokap buat milih makanan yang buat dimakan. Karena gw laper banget waktu itu, akhirnya gw milih makanan yang enak2. Emang sihh gw rada2 lupa makanan ap yang gw pilih waktu itu, yang pasti termasuk "wahhh" lahh buat gw. Setelah gw milih terus gw makan, bokap pun melanjutkan milih makanan yang akan dimakannya. Tw gak apa aj makanan yang dipilihnya???...dia cuma milih sayur sama gorengan tahu 1 biji. Mungkin karena ke-oon-an gw, jadi gw gak terlalu peduliin sama apa yang bokap gw pilih buat makan siangnya.
Begitu pun setelah gw inget2 pas gw masih SMP, waktu itu gw sama ade gw pergi sama bokap buat beliin gw baju baru karena lebaran ud mau deket. Setelah baju sama celana ud keturutan semua dibeliin sama bokap, kita bertiga mampir ke warteg juga buat makan. Dan anehnya, setelah gw inget2, bokap waktu itu cuma pesen makanan tempe satu sama minta kuah sayur doang. Sedangkan gw sama ade gw tuhh makannya yang elit.

haaaahhhhh...setelah perjalan waktu, akhirnya gw ngerti kenapa bokap berlaku seperti itu. Dia rela ngirit untuk makanannya hanya agar anak2nya bisa makan makanan yang enak. Dia rela menyisihkan gajinya hanya untuk bisa melihat anak2nya makan makanan yang lezat. Dia rela tidak membeli baju baru waktu itu hanya untuk bisa melihat anak2nya memakai pakain bagus ketika lebaran tiba. Dia rela Merogoh kantong celananya lebih dalam hanya supaya aku bisa kuliah.

ahhhh...kenapa aku sungguh bodoh untuk bisa baru menyadarinya di belakangan...
semoga aku bisa membalas semua jasanya...walaupun rasanya semua itu tak mungkin untuk terbalas semua.
semoga aku bisa mengikuti jejakmu untuk bisa membahagiakan anak2ku kelak...Insya Allah.

1 komentar: