Label

Senin, 02 Agustus 2010

bermain regresi untuk menghilangkan sakit hati...

sompretttt....
hari ini ngeselin banget...
pengen ngelanjutin sekolah yang gratisan...
ehhh malah gak di ijinin sama bos besar...
ngenessss....ngenesssss...nasibbb...nasiiibbb...
bos sihh gak ngijinin dengan alesan kekurangan tenaga...
perasaan dari dulu mahhh dikantor gw emang selalu kekurangan tenaga dehh..
nahhh dia-nya ajah yang gak ngotot minta pegawai baru tiap tahunnya ke pusat...
trus alesan yang laen dipake sama dia adalah karena gw baru aj baru lulus S1-nya.
lahhh ap hubungannya baru lulus sama ngelanjutin sekolah lagi???
emang ada peraturan kepala badan yang ngelarang kayak gituh ap???
ckckkckck........gak abis pikir gw...
anak buah pengen pinter dan berilmu kok dilarang-larang....

yud dehhh daripada gw ngedumel terus gara2 gak di ijinin sekolah...
mendingan gw berbuat sesuatu yang insya Allah bermanfaat buat pekerjaan gw disini...

malem ini gw pengen mencari hubungan antara intensitas gempabumi dengan magnitude dan jaraknya. Secara daerah Papua dan Papua Barat adalah daerah yang minim sama stasiun BMKG, maka klo ada gempa yang terasa pasti kita kebingungan klo mencari data intensitasnya. Ud sedikit stasiun, ehhh jam operasionalnya gak 24 jam pula...ckckkck.
jadi klo ada gempa tengah malem terus nelpon ke kantor stasiun yang deket sama episenter gempabumi, pasti dijamin gak ada yang angkat dehhh...kasiaaannn deh loe...
maka dari itu, kadang2 kita yang dines langsung nelpon ke nomor pak kasmet...walopun kadang2 pak kasmet lagi bobo, tetep aj kita telpon terusss...
(hahahahahaha....kasian juga sama pak kasmet, tapi gpp...resiko klo jadi pejabat emang kayak gt....hihihihihi).

Tujuan dari mencari hubungan ini adalah untuk mencari persamaan untuk mendapatkan estimasi intensitas dari suatu gempabumi apabila yang diketahui dari gempabumi tersebut hanya magnitude gempabumi dan jaraknya saja. Jadi klo ada event gempa dirasakan di suatu tempat, kita bisa meng-estimasi berapa kekuatan intensitas gempabumi di suatu tempat apabila kita mengetahui seberapa besar magnitude gempabuminya dan juga jarak tempat tersebut ke pusat gempabumi(hiposenter).

ok dehhh...kita langsung bahas aj materinya...
gw coba mencari hubungan dari ketiga parameter yang ud gw sebutin diatas...
data yang gw pake adalah data gempa yang dirasakan selama periode tahun 2008 hingga juni 2010.
tanya : kokk make datanya cuma segitu aj om???
jawab : yaiyalah...secara gituhh...kan gw kerja di Papua sini cuma baru dari bulan agustus 2007. Nah aktip masuk dines shift-nya sekitar di akhir tahun 2007-an. Makanya gw make datanya yang 2008,karena gw ud tw seluk beluknya itu data...valid atau tidaknya, gw cukup tw...

klo gw hitung secara kumulatif jumlah gempa terasa yang gw pake buat tulisan ini adalah berjumlah 119 data event gempabumi yang dirasakan. Dengan rincian sbb:
18 event gempa pada tahun 2008
60 event gempa pada tahun 2009
41 event gempa pada tahun 2010 (januari-juni)

sedangkan jumlah data setelah pengolahan dari 119 event gempa ini, gw dapetin sebanyak 180 data. Ke-180 data tersebut, selanjutnya gw olah ke tahap berikutnya untuk dapetin 3 parameter tersebut, yaitu intensitas, magnitude dan jarak.
Tahap selanjutnya klo parameter ini ud didapetin adalah dengan meregresikan ketiga parameter tersebut menggunakan metode regresi linier berganda. Dimana parameter intensitas-nya dijadikan variabel terikat, dan untuk parameter magnitude dan jarak dijadikan variabel bebasnya. Setelah itu cari dehhh konstanta-konstanta regresinya. Klo ud dapet...berarti, selesai dehhh...

yahhh semoga bermanfaat aj dehhh buat pekerjaan gw..
begitu juga sama temen-temen sepekerjaan gw...



nb : ini hanya bersifat estimasi...nilai yang didapatkan dilapangan bisa saja berbeda.

2 komentar: