Label

Selasa, 01 Maret 2011

go to earthquake sensor at yomoklole (YOMI)

ada yang akan gw ceritakan sedikit tentang perjalanan kita pas pergi untuk mengecek peralatan pengamatan gempabumi LDG (Laboratoire De Geophysique) bantuan dari negara perancis. Peralatan bantuan dari perancis (LDG) yang di Papua cuma ada 2, yaitu di Mendumtagoi (daerah dosai) dan di Yomoklole (daerah danau sentani). Kedua alat ini cocok banget buat pengamatan gempabumi lokal yang sering terjadi di Kota dan Kabupaten jayapura. klo mw ngeliat posisi sensor gempabumi yang ada di Papua lihat disini
Tempat yang akan saya ceritakan kali ini adalah Yomoklole. Yomoklole terletak di daerah sekitar Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. Untuk Bisa ke tempat ini, kita harus menggunakan perahu untuk menyebrang. Tempat yang digunakan sebagai pelabuhan danau untuk bisa menyebrang adalah daerah kalkhote. Dalam perjalanan ke Yomoklole, kita juga bisa melihat perkampungan Ayapo yang ada di sekitar danau sentani. Setelah kita menyebrang, kita harus mendaki bukit yang cukup tinggi untuk bisa ke sensor gempabumi Yomoklole. Dalam Perjalanan, kita juga di hadapkan dengan tingginya alang-alang yang tumbuh di sekitar perjalanan. Akibat tingginya alang-alang, maka jejak jalan setapak yang biasa di lalui untuk bisa ke sensor ini menjadi hilang. Walhasil, kita pun membuka jalan kembali, dan sedikit salah jalan. Yang aturannya mendakinya tidak terlalu vertikal, karena salah jalan, kita harus naik dengan jalan baru yang lebih vertikal.
segituh aj ceritanya....

perahu yang di gunakan untuk menyebrang ke tempat sensor


Team yang pergi ke sensor



lokasi sensor yang ada di paling ujung bukit



jalan yang di lewati untuk bisa ke sensor berupa alang2 yang tinggi dan juga pohon-pohon






pengaturan sensitivity sensor gempabumi



leveling dan balancing sensor


Bandul sensornya yang hanya komponen vertikal



dari lelahnya perjalanan, tapi ada hal yang bisa sedikit menghibur. Diatas puncak kita bisa melihat keindahan danau sentani dan juga pegunungan Cycloops dari kejauhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar