Label

Senin, 31 Mei 2010

Cycloop Expedition "Sentani waterfall"

hari itu adalah hari jumat malam, dimana diriku sedang tidur2an gak jelas di kasurku yang lumayan empuk walaupun ketebalan kasurnya sangat memprihatinkan...ckckck
tiba-tiba, SMS masuk dari seorang teman gw. Dia memberitahukan gw klo anak2 hari sabtu besok ada rencana mw naik ke Gunung Cycloop buat hunting gambar di air terjun di Pos 7 Sentani. Teng ing eng...!!!. Gak tw kenapa, yang tadinya gw males2an sambil tidur gak jelas, berubah jadi seneng gak ketulungan. Gimana gw gak seneng gak ketulungan, soalnya ud 3 tahun gw di Jayapura tapi belom sama sekali ngijekin telapak kaki gw ditempat itu. Dan hari esok adalah hari yang paling amat bersejarah dalam hidup gw bisa ngeliat entuh aer terjun. Gak tw kenapa, yang seharusnya malem itu gw harus tidur buat mempersiapkan tenaga buar besok, eh gw malah kagak bisa molor. Ya ampun...kenapa juga ya sama gw??..mungkin karena gw kesengan kali ya...jadinya gw kagak bisa tidur... Kayaknya sihh baru jam 2 malem baru bisa molor..

Tanggal 22 Mei 2010, hari sabtu
oke bibeh...sekarang adalah harinya buat menaklukan entuh aer terjun yang ada di Pegunungan Cycloop. Pagi-pagi banget gw ud nyiapin gear-gear yang akan gw bawa.
kamera...sipp
battery...full (semalemnya gw cash)
lensa...ajibbb
tripod...ud pasti
lain-lain....wuokehh
I'm ready dudess....
akhirnya kita janjian supaya bisa ke Sentani bareng pake motor...kita pake sistem susul-menyusul. Karena rumah gw yang lumayan jauh yaitu di Entrop, jadinya gw jemput temen2 yang laen. Eitsss...jangan salah, ternyata ada yang lebih jauh rumahnya. Jadi, gw disusul dehhh sama dia...hehehehe.....baru setelah itu, baru kita jemput temen2 yang laen yang ud pada stand by di Waena.
Buset dahh...ini hari panas banget cuy...padalan gw ud ngebut naek motornya, tapi tetep aja gw keringetan. Tapi tetep aj gw semangat bro...demi berpetualang ke tempat yang belom pernah gw sentuh.
Akhirnya kita sampe juga di Sentani. Ud siang sihh...sekitar jam 11-an. Tapi setelah sampe di sentani, kita gak langsung naek, karena kita harus jemput dulu temennya temen yang ud sering naik keatas gunung Cycloop. Setelah kita jemput, akhirnya kita menuju ke TKP. Sesampenya di kaki gunung Cycloop, kita nitip motor di rumah penduduk yang notabene rumah itu adalah rumah penduduk yang ud dikenal sama temen, temenya gw yang ngunjukin jalan keatas itu. Abis nitip motor, dengan semangatnya kita langsung naek keatas buat ngedaki gunung tersebut. Pokoknya semanget dehh semua naiknya...ya mungkin karena ini pengalaman pertama kali, ud gituh penasaran am ini tempat, jadinya kita semua semangat banget ngedakinya.
Ada sedikit pengalaman lucu pas naek keatas. Begini ceritanya, saat itu pas kita lagi jalan ngedaki, ada temen yang iseng-iseng buat ngitung jumlah kita semua. Setelah dihitung, ternyata jumlah orang yang naek keatas adalah 13 orang. Kontan ajah, yang sering baca komik horor ataupun yang sering nonton film setiap malem jumat mendadak was-was. Selain ini adalah angka yang bisa di bilang sial, kita juga lumayan takut juga, soalnya pegunungan ini masih hutan banget. Pokoknya masih lebat banget deh ud gituh yang kita jalanin cuma jalan setapak. Terus ud gituh ada salah satu temen gw yang nyeletuk, "Woii gimana nihh jumlah kita yang naek ada 13??"...awalnya kita semua diem, karena smuanya pada mikir ke arah yang horornya semua. Yaiyalah...gw juga sihh sempet mikir yang enggak-enggak. Untungnya temen gw yang lain ada yang nimpalin pertanyaan temen gw yang nanya tadi. "lohhh..siapa bilang kita jumlahnya 13??...baru teman kita si Aldo trada dihitung ka??(pake logat papua ngomongnya). Awalnya kita bingung, terus kita coba ngitung ulang...ternyata emang 13 orang kok. Temen gw yang bilang bukan 13 orang, langsung nimpalin "bahh..aldo tuh dihitung 2 bro, jadinya jumlah tong semua 14 orang...soalnya dong pu badan tuhh bokar"(sialdo dihitung 2...jadinya semuanya jadi 14 orang, soalnya badannya aldo gede banget). Seketika itupun, anak2 langsung pada tertawa terbahak2 gara2 lelucon temen gw tadi. Huahahahaha....kita semua tertawa lepas...dan seketika itupun ketakutan kita langsung lenyap begitu saja.
Terus mendaki...dan terus mendaki, tiba-tiba ada sebutir air jatuh dari atas kepala. Wahh ternyata itu adalah hujan...tapi masih gerimis saja. Semakin kita naik ternyata hujan semakin besar. Gak tw kenapa, yang tadinya pas kita naik motor panas matahari menyengat sekali, setibanya di atas kaki gunung, hujan membasahi kita semua. Awalnya kita semua berkeyakinan kalau hujan ini hanyalah hujan selewatan saja. Dan kita pun segera menyelamatkan kamera kita masing2 dari gerimis hujan yang tadi. Setelah kamera dianggap aman, kita terus melanjutkan perjalanan. Hampir separuh perjalanan kita mendaki, ternyata hujan makin besar...dan terus semakin besar. KIta pun langsung tidak bisa berbuat apa-apa lagi, soalnya hujannya begitu deras sehingga kita semua takut akan kamera kita yang nantinya akan kebasahan. Kemungkinan dari basahnya kamera adalah kerusakan fatal yang memungkinkan kita supaya beli kamera baru. Ditengah guyuran hujan tersebut, kita akhirnya berteduh di bawah pepohonan lebat agar tas kita tidak terlalu banyak kemasukan air. Setelah kita tunggu-tunggu, ternyata tidak ada tanda kalau hujan akan berhenti. Akhirnya kita semua memutuskan untuk kembali ke bawah kaki pegunungan, karena apabila tetap dilanjutkan, kita takut akan resiko yang mungkin saja terjadi.
huuuhhh...akhirnya perjalanan pertama kita ke Air terjun ini gagal dikarenakan hujan. Tapi dalam hati terus berbisik kepada daun2 yang saya lewati dalam perjalanan pulang "Cycloop...aku akan kembali untuk menaklukanmu"

Tanggal 30 Mei 2010, Hari Minggu
Seminggu ud lewat, kok gak ada tanda2 yah klo anak2 mw naek lagi keatas...badan jadinya lemes banget nihh klo kayak gini. Tapi untungnya teman gw kembali mengabarin rencana naik lagi keatas. Asyikkk...(dalam hati gw). Pokoknya muka gw jadi berubah drastis jadi ganteng dehh setelah denger kabar temen gw entuh..(LEBAY.COM)
cihuyyy...seneng banget gw klo kayak gini. Akhirnya gw persiapan lagi buat nyiapin senjata2 tempur buat ngambil gambar nanti. Oiyaa, gak lupa juga gw ngajak temen sekantor gw buat ngedaki kesana kali ini. Nggak lupa juga gw bawa GPS sebagai tambahan bawaan buat nentuin koordinat sama bikin nge-track selama pendakian. Dengan perjalanan ke Sentani yang hampir sama kayak waktu minggu kemarin, kita pun susul-bersusulan dan saling menjemput satu sama lain. Tapi ada yang beda kali ini, bedanya adalah orang yang ngebawa kita atau yang ngasih unjuk jalan keatas nanti. Soalnya teman yang ngasih jalan kita waktu pertamakali sedang ad kegiatan lain, jadinya dia tidak bisa menemani kita semua kesana kali ini.
Sesampainya di Sentani, kita bingung untuk memarkir motor kita. Dengan inisiatif dari seorang teman, akhirnya kita bisa memarkirkan motor kita di kantor perwakilan milik WWF region sahul yang terletak dekat dengan track jalan yang akan kita daki.

dan petualangan pun dimulai kembali...mudah2an cuaca kali ini bersahabat...

Dengan napas terengah-engah, kita pun terus mendaki ke atas pegunungan Cycloop ini. Rimbunnya dedaunan hutan hujan tropis, bebatuan yang terhampar tak beraturan, bunyi serangga yang berada di balik dedaunan, menjadi teman kita selama pendakian. Setelah beberapa jam mendaki, Akhirnya suara air yang memecah karena gravitasi sudah mulai terdengar. Dan setelah beberapa menit kemudian, "Surprise..." air terjun yang menjulang tinggi pun terlihat jelas...
Sungguh indah air terjun ini...aku pun terpana di buatnya...
selama aku di Jayapura, inilah air terjun tertinggi yang pernah aku lihat di Papua. Memanglah tidak setinggi air terjun yang ada di daerah Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat yang pernah aku lihat. Tapi ini adalah pengalaman yang jelas-jelas tidak akan pernah saya lupakan dan merupakan salah satu cerita yang akan menjadi salah satu cerita untuk anak dan cucuku kelak.

oke bos...sedikit oleh2 dari gw, gw akan masukin foto2 gw pas di air terjun pos 7 Sentani ini, gak lupa juga gw kasih koordinat awal perjalan sama air terjunnya....dan emang klo bisa data GPS-nya ditransfer ke PC komputer, insya Allah nanti gw bikin peta track jalan pendakiannya.

salam
Agung Sabtaji


Koordinat :
Air terjun pos 7 Sentani : 2°32.114’LS - 140°30.796’BT
Elevationnya : 321 mdpl

Kantor WWF Regional Sahul : 2°33.036’LS - 140°30.714’BT
Elevationnya : 196 mdpl

Jadi klo kita hitung dari awal nanjak sampe ke aer terjun, yaitu : 321 mdpl - 196 mdpl = 125 meter.
wedeehh..lumayan tinggi juga bro...











thread yang lain :
- Merauke on my lens
- Bovendigoel on my lens
- go to enggros
- Nabire on my lens
- Bugs and Insect world
- Pulau ahe & here, kepulauan mamboor
- transportasi indonesia
- what a beautiful sky
- Ekspressi ibu dan anak
- mudik kemarin
- Surade Expedition
- Belajar Jadi Photografer Porno
- Bunga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar