Label

Senin, 14 Juni 2010

bingung sama kemiringan lahan...

ud hampir sebulan gw nyari-nyari jawaban atas pertanyaan tentang pembuatan kemiringan lahan yang ada di peta land use system. Awalnya sih gw gak sengaja ngeliat tentang peta tersebut...dan ada sihh kepake sedikit buat bikin tulisan gw di blog sebelumnya tentang tanah longsor karena kemiringan lahan. Tapi yang gw bingung tuh legend-nya berupa persen kemiringan. Nah lohhh???...kok kemiringan lahan kok dalam persen??..bukannya kemiringan lahan itu biasanya derajat??? (gumam gw dalem hati).
Sebagai contoh, gw coba kasih peta kemiringan lahan yang pernah ada di blog gw sebelumnya :


tuhh kan...legend-nya itu dalam persen...gw kate juga ape...
ternyata selidik punya selidik, satuan untuk kemiringan itu ternyata ada beberapa satuan...diantaranya yang akan gw bahas adalah dalam persen dan derajat kemiringan.
otree dehh...gw lanjut ceritanya..
jadi setelah gw ngeliat legend peta kemiringan itu dalam persen, otomatis naluri gw sebagai detektif handal....(uweekkk...ada yang muntah tuhh)...gw langsung cari tw.
gw ud nanya temen, nyari2 di blog tetangga, nanya2 di milist juga ud gw santronin...tapi walhasil, gw malah tambah bingung. Akhirnya karena kesambet setan darimana tw...akhirnya gw bisa dapetin entuh jawabannya dari blog tetangga. jiahhhh....ternyata jawabannya simple banget...anak SMP juga bisa ini mahhh... Tapi yang bikin gw bingung, kok slama sebulan gw gak bisa dpt2 jawabannya yakkk...(dasar oon)..

begini jawabannya sodara-sodara....
kalian ud pernah belajar ilmu skala peta kan???
klo gak salah rumusnya kayak gini :
Jarak sebenarnya = Jarak pada peta : skala peta
contoh :
skala pada peta diatas adalah 1:150.000
jarak dipeta, misalnya 3 cm
jadi, Jarak sebenarnya = 3 : (1:150.000) = 450.000cm = 4.500 meter

gimana??...gampang kan perhitungan skala peta-nya???
oke..kita lanjut lagi...
ternyata perhitungan kemiringan lahan itu cuma mengandalkan rumus matematika biasa..
pernah belajar rumus matematika tentang sudut trigonometri di SMP or SMA gak???
rumusnya itu tentang sudut tangen??...
klo lupa, nihhh gw kasih rumus sama gambarnya...


misalnya, kita mw mencari sudut A, karena sudut A adalah sudut kemiringannya...
bila kita ingin mencari sudut A, maka kita harus mengetahui minimal 2 panjang sisi dari segitiga tersebut. klo misalnya yang diketahui cuma panjang a dan c saja, maka sudut A bisa kita cari dengan rumus sinus (Sin A=a/c). Sedangkan klo yang diketahui cuma panjang b dan c saja, maka sudut A bisa cari dengan rumus cosinus (Cos A=b/c). Nah klo yang diketahui panjangnya hanya a dan b saja, maka kita bisa cari sudut A dengan rumus Tangen (Tan A=a/b).
gimana om n tante???...inget kan sama pelajaran yang tadi waktu SMP or SMA???

kita lanjut lagi...
jadi klo dalam penentuan kemiringan lahan ini, kita bisa menggunakan rumus sudut trigonometri sederhana diatas..
dimana yang paling gampang dalam perhitungannya adalah menggunakan rumus tangen-nya.
dimana rumus tangen adalah panjang yang tegak lurus dibagi dengan panjang yang mendatar. Jadi klo dalam penggunaannya dalam peta, panjang yang tegak lurus itu di asumsikan sebagai ketinggian topografi. Sedangkan panjang yang mendatar diasumsikan sebagai jarak sebenarnya dalam peta. Jadi sudut kemiringan lahan kita bisa itung dengan membagi antara ketinggian topografi dengan jarak mendatar sebenarnya, setelah itu kita arc tangen kan...

Tangen sudut kemiringan lahan = ketinggian topografi/Jarak datar sebenarnya


klo perhitungannya dalam persen :
Persen kemiringan lahan = (ketinggian topografi/Jarak datar sebenarnya) X 100%

gimana om n tante??...ud ngerti kan cara perhitungan kemiringan lahannya??

klo masih bingung...oke dehh kita terusin lagi pembahasannya.

disini saya akan memberikan contoh langsung tentang kemiringan lahan :

pada gambar diatas, peta tersebut mempunyai skala 1:150.000, jarak E-B pada peta adalah 2 cm. Berapakah kemiringan lahan tersebut tersebut dalam derajat dan persen??
jawab :
Jarak sebenarnya = 2 : (1:150.000) = 300.000 cm = 3.000 meter
ketinggian topografi = ketinggian B - ketinggian E = 1280m - 1160m = 120 meter

kemiringan lahan dalam derajat :
Tangen (sudut kemiringan lahan) = 120m / 3000m = 0.04
jadi sudut kemiringan lahan = Arc Tangen 0.04 = 2.24°

kemiringan dalam persen :
Persen kemiringan lahan = (ketinggian topografi/Jarak datar sebenarnya) X 100%
Persen kemiringan lahan = (120/3000) X 100% = 4 %


gimana om n tante...su bisa ka tra??...gampang tohh??
ya ud...smoga bermanfaat ajahhh....
amin...





thread yang lain :
- Gunung Berapi di Papua
- Kembang Api 2011 di Jayapura
- Menentukan Arah Kiblat
- 10 Event Tsunami paling mematikan didunia
- Peta Tektonik Papua
- Peta Interpolasi menggunakan Arcview GIS 3.3
- Gempabumi Yapen Waropen 16 Juni 2010
- sebab robohnya bangunan akibat gempabumi yapen waropen
- Peta Bahaya Tsunami Papua
- go to enggros
- Nabire on my lens
- Merauke on my lens
- Bovendigoel on my lens
- Bugs and Insect world
- Pulau ahe & here, kepulauan mamboor
- transportasi indonesia
- what a beautiful sky
- Ekspressi ibu dan anak
- mudik kemarin
- Surade Expedition
- Belajar Jadi Photografer Porno
- Bunga

16 komentar:

  1. Thanks ya, membantu. Barusan bingung soal derajat&persen jg, dah lupa...pelajaran dl

    BalasHapus
  2. thanks bro atas ilmunya. blognya ok banget. teruslah berkarya.

    BalasHapus
  3. tau ga kemiringan lahan berdasar standar, yang aman di bangun buat bangunan tinggal berapa persen sampe berapa pesen ya? lagi bikin peta topografi juga nih :)

    BalasHapus
  4. bro, yang aman buat bangunan rumah tinggal adalah pada kemiringan lereng 0 - 15 %, lebih detail dapat dilihat pada keppres 57/1989 ttg kaw. budidaya.

    BalasHapus
  5. 16 bulan kemudian giliran saya yang jumpai tulisan ini, terima kasih bro ilmunya. Yang saya tahu dari pak guru dulu waktu sekolah kemiringan tanah misalnya 4% berarti pada jarak datar 100 m terjadi beda tinggi antara dua titik tempat 4 m benar atau salah diterima saja tanpa bisa menghitung benarnya.

    BalasHapus
  6. Super Sekali Bro . Thanks For You

    BalasHapus
  7. Kalo loe kagak ngasih nih info pasti sebelum gue baca gue ngak bakalan ngerti apa itu persentaase kemiringan. Makasih Idioteque.

    BalasHapus
  8. infonya sangat bagus trmksh, semoga bermanfaat juga buat yg lain.
    salam untuk smua rekan

    www.segelplasik.com

    BalasHapus
  9. Makasih pace. Saya mau tanya apakah kamu pux referensi yang lengkap? Saya sangat membutuhkan informasi ttg kemringan lereng. Mohon mereomendasi buku yang digunakan

    BalasHapus
  10. makasih banget ya.. sangat membantu...

    BalasHapus
  11. saya mau tanya, kao untuk mencari arah kelerengannya / arah kemiringan lahannya gmna ya?

    BalasHapus
  12. bahasa inggrisnya kemiringan dalam persen ini apa ya, kok sy blm dapat.. apakah radian?

    BalasHapus
  13. Terima kasih banyak ya...Sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  14. Nah... misalkan aktual yk sbnarx 8% dan qta mw rubah k 5% crax gmna om

    BalasHapus
  15. Mantep gan...!!! Membantu banget

    BalasHapus